Rabu, 01 Agustus 2012

Cacing Bermata Enam Puluh

cacingAda cacing yang memiliki 60 buah mata! Cacing dari spesies baru ini ditemukan di padang rumput di kawasan perlindungan alam di dekat Cambridge, Inggris.

Cacing bermata 60 ditemukan oleh Brian Eversham, ketua Wildlife Trust untuk Kota Bedfordshire, Cambridgeshire dan Northamptonshire. Ke-60 mata sang cacing tersebar di seluruh tubuhnya yang memiliki panjang 12 milimeter.

Hewan tanpa tulang belakang (invertebrata) yang aneh, itu diperkirakan menjadi keturuan dari hewan antipodea. Namun, hewan itu juga relatif dekat dengan spesies yang ditemukan di Irlandia Utara yang disebut dengan Kontikia andersoni.

"Saya sedang mengambil foto alam liar di suatu hari Minggu pagi dan di sebuah batang kayu muncullah cacing yang lucu ini. Hewan itu terlihat relatif mendekati spesies yang ditemukan di Irlandia Utara yang disebut Kontikia andersoni," cerita Brian Eversham, Selasa (23/7).

Masih menurut Brian, Inggris adalah salah satu negara yang bagus untuk mendokumentasikan alam liar jadi sangat tidak biasa menemukan sebuah spesies yang belum pernah terlihat sebelumnya. Selandia Baru kelihatnnya menjadi pusat keragaman bagi cacing tanah di seluruh dunia, dan iklim di sana mirip dengan di Inggris.

Menurut ahli biologi di Natural History Museum, Dr. Hugh Jones, cacing yang ditemukan ini dipercaya sebagai spesies yang benar-benar baru dan belum tergambarkan. Hanya satu spesimen dari cacing sejenis yang ditemukan di Belanda pada April lalu. (ENO/BRIAN EVERSHAM).

Sumber : PrimagamaPlus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar